Manakah yang bukan termasuk dari 3 pendiri dinasti Abbasiyah?

Posted on

ilmukode.com

Manakah yang bukan termasuk dari 3 pendiri dinasti Abbasiyah?

  1. Abul Abbas As Shaffah
  2. Ja’farAl Manshur
  3. Abdullah Al-Mahdi
  4. Yazid bin Muawiyyah
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: D. Yazid bin Muawiyyah

Pembahasan

Dinasti Abbasiyah merupakan salah satu dinasti besar dalam sejarah Islam yang berdiri pada abad ke-8. Dinasti ini berkuasa selama lebih dari 500 tahun dan dikenal sebagai masa keemasan dalam sejarah Islam. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pendirinya, kapan berdirinya, dan hal-hal yang berhubungan dengan dinasti Abbasiyah.

Pendiri Dinasti Abbasiyah

Dinasti Abbasiyah didirikan oleh Abu al-Abbas as-Shaffah pada tahun 750 M. Ia merupakan seorang keturunan dari keluarga Bani Abbas yang berasal dari daerah Khurasan di Iran. Pada saat itu, keluarga Bani Umayyah yang berkuasa di Damaskus dianggap tidak layak memimpin umat Islam karena dianggap korup dan tidak mengikuti ajaran Islam dengan benar. Sehingga, muncul pergerakan untuk menggulingkan mereka dan menggantikannya dengan keluarga Bani Abbas.

Kapan Berdirinya Dinasti Abbasiyah

Dinasti Abbasiyah berdiri pada tahun 750 M setelah berhasil menggulingkan dinasti Bani Umayyah yang telah berkuasa selama hampir satu abad. Abu al-Abbas as-Shaffah menjadi khalifah pertama dari dinasti Abbasiyah dan memindahkan ibu kota dari Damaskus ke Baghdad. Perpindahan ibu kota ke Baghdad juga menandai dimulainya masa keemasan dalam sejarah Islam yang dikenal sebagai zaman Abbasiyah.

Kontribusi Dinasti Abbasiyah

Yang Berhubungan dengan Dinasti Abbasiyah Dinasti Abbasiyah memiliki banyak sekali kontribusi dalam sejarah Islam. Mereka mampu memperluas wilayah kekuasaan Islam hingga ke Spanyol dan India. Selain itu, pada masa kekuasaan mereka juga terjadi perkembangan ilmu pengetahuan dan seni yang sangat pesat. Banyak ilmuwan dan seniman terkenal berasal dari zaman Abbasiyah seperti Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, Al-Farabi, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dinasti Abbasiyah juga terkenal dengan sistem administrasinya yang sangat baik. Mereka membagi wilayah kekuasaannya menjadi beberapa provinsi yang dipimpin oleh gubernur. Gubernur tersebut bertanggung jawab atas keamanan dan kesejahteraan rakyat di daerahnya. Selain itu, dinasti Abbasiyah juga terkenal dengan upaya mereka dalam mempromosikan toleransi antar agama. Selama masa kekuasaan mereka, umat Yahudi dan Nasrani juga diizinkan untuk mempraktikkan agama mereka dengan bebas.

Kesimpulan

Dinasti Abbasiyah merupakan salah satu dinasti besar dalam sejarah Islam yang berdiri pada abad ke-8. Pendirinya adalah Abu al-Abbas as-Shaffah dan berhasil menggulingkan dinasti Bani Umayyah pada tahun 750 M. Mereka memperluas wilayah kekuasaan Islam, mempromosikan toleransi antar agama, dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta seni. Dinasti Abbasiyah berkuasa selama lebih dari 500 tahun dan dikenal sebagai masa keemasan dalam sejarah Islam yang banyak memberikan kontribusi besar bagi umat Islam. Perkembangan ilmu pengetahuan, seni, dan sistem administrasi yang mereka bangun, telah menjadi contoh bagi negara-negara lain di dunia. Meskipun Dinasti Abbasiyah telah berakhir pada tahun 1258 M, warisan mereka masih terus berpengaruh hingga saat ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *